Posts Tagged ‘perencanan keuangan keluarga’

Perencana Keuangan Keluarga

Perencana Keuangan Keluarga

Bingung..Bingung aku bingung…itu adalah kalimat penggalan sebuah lagu era tahun ‘70 an …yah mungkin mirip dengan jawaban  orang yang bingung dengan maksud perencanaan keuangan keluarga. Banyak orang yang kalo ditanya tentang apa sih tuh perencanan keuangan keluarga, maka banyak orang yang berbicara oh itu sih tentang pendidikan sekolah anak , ada yang lagi bilang oh itu sih tentang merencanakan keuangan hari tua. Yah itu semua tidak salah kok karena hal-hal itupun menjadi bagian dari perencanaan keuangan keluarga. Salahnya banyak dari mereka cuma dengar-dengar dan tidak pernah melakukan action apapun mengenai perencanaan keuangan ini.

Jadi pandai-pandailah membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan, mana yang prioritas utama dan mana yang bisa belakangan….hati-hati yah jangan gunakan peribahasa “Biar bokek yang penting Keren”, wah ini berbahaya….oleh karena itu kalo yang utama-utama aja belum direncanakan atau bahkan belum terpenuhi , yah gak usah muluk-muluk mau rencana jalan-jalan dengan biaya yang mahal yah. Gunakan peribaha “Berakit-rakit ke Hulu Berenang- renang ke tepian, Bersakit-sakit dahulu Bersenang-senang Kemudian”…nah itu lebih Bijak

Lebih dari itu sebenarnya perencanaan keuangan keluarga bisa mencakup buanyaaak hal karena anda adalah orang dengan segudang keinginan dan kebutuhan , betul gak? he…he…jadi perlu diketahui bahwa semuanya itu perlu perencanaan termasuk bila anda ingin berlibur? Mau gak anda berlibur di Pantai Kuta Bali atau bahkan Pantai Miami, Florida…tapi hati hati yah jangan di Kali dekat New Orleans yah…karena di situ banyak buayanya..he..he….Tapi anda harus terlebih dahulu membereskan keuangan keluarga anda beserta dengan perencanaannya tentu dimulai dari hal-hal yang utama seperti contohnya perencanaan apabila sesuatu hal terjadi yang mengakibatkan anda tidak bisa bekerja kembali atau kehilangan kemampuan untuk membiayai hidup keluarga atau ekstrimnya seseorang kepala keluarga meninggal gitu lah…kira-kira…padahal satu-satunya harapan adalah dari orang ini. Hati-hati lo…kemarin tiba-tiba teman ibu saya meninggal dunia…untungnya anak-anaknya sudah besar besar jadi mereka sudah bisa menghidupi dirinya sendiri kalo belum bagaimana? Cukupkah tabungannya untuk hidup istri dan pendidikan anaknya……jangan ini menjadi beban buat keluarga kita. Itu makanya suka tidak suka yang namanya Asuransi Jiwa diperlukan…di luar negeri ini mah sudah biasa apalagi Asuransi Kesehatan karena yang namanya biaya kesehatan ini makin lama makin mahal lo…

 Marilah kita Bijak dalam Menyadari Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga dan itu adalah menjadi tanggungjawab kita semua sehingga tercipta masyarakat dengan keluarga-keluarga yang melek mengenai masalah perencanaan yang satu ini. Jangan jadikan Keluarga Anda Korban Ketidaktahuan atau bahkan Ketidakperdulian Anda! Jangan remehkan Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga.