Posts Tagged ‘tujuan hidup keluarga’

Tujuan Hidup Keluarga

Tujuan Hidup Keluarga

Berbicara mengenai tujuan hidup dalam perencanaan keuangan keluarga tidaklah semudah mengatakannya begitu saja, karena belum tentu apa yang kita katakan adalah yang tujuan prioritas untuk kehidupan keluarga kita. Dalam hal ini, perencana keuangan keluarga akan membantu/menfasilitasi anda untuk dapat mengenali apa sih yang benar-benar urgent, prioritas kebutuhan anda baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang akan menjadi Tujuan perencanaan keuangan anda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang ingin hidup senang, bisa beli ini itu , bisa jalan-jalan sana sini, yah sih itu adalah hal yang wajar.  Namun Apa itu semua tujuan hidup yang prioritas buat anda? Hati-hati jangan terjebak dalam membedakan yang benar-benar kebutuhan dan yang mana yang hanya sekedar keinginan. Yah …yah betul…keinginan seperti berjalan-jalan ke Paris…itu juga bisa jadi tujuan anda dalam perencanaan keuangan anda…tapi apa itu yang prioritas? Keinginan yang hanya menyenangkan sesaat lebih baik disingkirkan dahulu, ketika anda memikirkan apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidup anda yang prioritas.

Sebagai gambaran aja deh, biasanya kalo buat orang pada umumnya seperti para keluarga muda, yang prioritas itu adalah seperti kebutuhan membeli rumah, kebutuhan menyiapkan  pendidikan anak, lalu  lebih bagus lagi kalo anda sudah mempersiapkan kebutuhan akan dana pensiun anda.  Namun umumnya dalam hal mempersiapkan   dana ini memerlukan suatu perjalanan waktu  yang tentu makin bagus kalo dipersiapkan lebih awal. Karena dalam perjalanan waktu itulah banyak sekali kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Oleh karena itupun maka dalam ilmu perencanaan keuangan keluarga , anda harus memperkecil atau menghilangkan resiko-resiko tersebut dengan transfer of risk atau mentransfer resiko-resiko ini melalui suatu perlindungan Asuransi.   Jangan sampai anda bagaikan seorang penumpang yang naik kapal Cruise yang tidak punya kapal sekoci dan tidak punya pelampung, wah…wah…bahaya lo……Ilustrasi yang tepat adalah sedia Payung sebelum Hujan…jangan sampai kehujanan dululah…entar basah kuyup deh..he..he…Yah itu hanya sebagian contoh tujuan prioritas.

Namun tujuan hidup setiap orang yah berbeda beda tergantung dari keadaan masing-masing, jadi prioritas itu bisa saja berbeda-beda. Ingat yah kalo bikin prioritas yang benar….yang penting bangun fondasi dan struktur rumahnya dulu dan lakukan finishingnya dengan rapi, jangan beli perabotannya dulu….ggggeerrrr………..yah seperti  Jargon Susu Dancow kesukaan saya…”Ini Dulu Baru Itu”….begitulah kira-kira seharusnya kita melakukan skala prioritas dalam tujuan hidup kita.

perencana-keuangan-apa-tujuan-hidupmuPerencanan Keuangan adalah suatu proses yang terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan yang baik.  Namun di sisi lain seringkali kita terlambat atau kurang peka untuk mengenali apa sih sebenarnya tujuan hidup kita yang utama di dalam memenuhi kebutuhan keluarga pada masa-masa mendatang? Jadi sama saja dengan seorang pengemudi mobil yang tidak tahu arah ke mana dia mau pergi…maka apa yang terjadi dia hanya berputar-putar saja sampai bensinnya habis. Harusnya kalo pengemudi ini bijak maka sebelum dia pergi dia sudah tahu kemana dia mau pergi, arah petanya ke mana, perlu waktu berapa lama, bensinnya cukup atau tidak, kalo tidak cukup maka harus isi bensin dulu, sehingga akhirnya pengemudi ini dapat berhasil sampai tujuannya dengan selamat.

Seperti halnya juga dalam perusahaan, seorang pemimpin haruslah mempunyai Visi dan Misi serta Objektif atau Tujuan yang jelas karena hal inilah yang akan mengarahkan kemana perusahaan itu akan melangkah.  Anda sebagai seorang pribadi atau sebagai kepala rumah tangga juga sama dan tidak berbeda dalam hal ini. Maka kita sebut saja  You Corporation alias Kamu sendiri sebenarnya adalah sebuah korporasi,  maka dari itu seorang Perencana Keuangan sangat menekankan pentingnya dibuat Neraca Keuangan Keluarga dan Arus Kas Keluarga.  Sehingga anda akan tahu segala kebaikan dan keburukan anda dalam mengelola keuangan keluarga anda.

Semakin anda mempelajari laporan keuangan pribadi anda , maka anda akan makin menyadari bahwa masih banyak sekali kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Yah syukur sih kalo ternyata udah banyak kelebihan-kelebihannya…he..he…

Jadi harus jelas apa tujuan hidupmu , pelajari seluruh kondisi keuanganmu melalui laporan keuangan pribadi baru deh bisa mengerti langkah-langkah atau strategi-strategi selanjutnya harus gimana supaya tujuan hidup tersebut terpenuhi.  Jangan biarkan diri kita berada dalam resiko yang seharusnya bisa kita amankan melalui perencanaan keuangan keluarga yang baik.  Selamat Mencoba!